Sejak pertengahan 2015, Jurusan Ilmu Politik menjajagi pembentukan Asosiasi Prodi Ilmu Politik Indonesia untuk merespon berlakunya Permenristekdikti Nomor 44/2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Pembentukan Asosiasi dipandang penting untuk mewujudkan standar kurikulum yang berlaku nasional.

Inisiasi pembentukan asosiasi ini akhirnya terealisir dengan diadakannya pertemuan nasional antar Program Studi Ilmu Politik di Universitas Brawijaya Malang pada awal November 2016. Sesuai dengan kesepakatan para delegasi yang hadir dari 30-an pengelola program studi Ilmu Politik dari seluruh Indonesia, Asosiasi Program Studi Ilmu Politik Indonesia (APSIPOL) dideklarasikan secara resmi pada tanggal 2 November 2016.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan susunan Pengurus Pusat APSIPOL periode 2017-2019 secara resmi disepakati dalam pertemuan formatur yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tanggal 16 Februari 2017.

APSIPOL didirikan dengan beberapa tujuan pokok yaitu; 1) Menetapkan standar kompetensi lulusan Ilmu Politik, 2) Menetapkan kurikulum inti Ilmu Politik, 3) Menetapkan standar gelar sarjana Ilmu Politik, 4) Menyelenggarakan konferensi reguler bidang kajian politik, 5) Meningkatan jejaring kemitraan antar program studi ilmu politik dan antara program studi dengan lembaga mitra di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, 6) Mendorong diseminasi hasil riset dalam bentuk publikasi ilmiah

Leave a Reply