Asosiasi Program Studi Apsipol (Apsipol) Indonesia telah menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) III di Pontianak pada Rabu-Kamis 21-22 September. Yang bertindak sebagai tuan rumah adalah FISIP Universitas Tanjungpura (UNTAN). Ini sekaligus merupakan bentuk kolaborasi antara Apsipol dengan Untan di mana yang terakhir ini memiliki hajatan besar antara lain konferensi internasional, yakni International Conference on Applied Science, Social Innovation and Technology (ICONAST). Beberapa orang dari Apsipol turut berpartisipasi dengan menjadi presenter dan moderator dalam diskusi parallel di konferensi tersebut.

Sesuai dengan fungsi Munas untuk membentuk kepengurusan baru, maka di Munas ketiganya yang diselenggarakan di ibu kota Kalimantan Barat ini, Apsipol telah berhasil memilih ketua dan tim formatur. Adapun yang terpilih menjadi ketua adalah Iding Rosyidin dari Prodi Ilmu Politik FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sebelumnya adalah Sekretaris Umum, menggantikan Luthfi Makhasin dari FISIP Unsoed Purwokerto. Sementara tim formatur terdiri atas empat orang yang mewakili wilayah. Mereka adalah Rizkika dari UIN Arraniry Aceh (Wilayah I), Asep Shahid Gatra dari UIN Sunan Gunung Jati Bandung (Wilayah II), Indaru S. Nurprojo dari Unsoed Purwokerto (Wilayah III), dan Zainuddin Noersi dari Universitas Sulawesi Barat (Wilayah IV).

Di Munasnya yang ketiga ini, disepakati sejumlah perubahan penting terkait dengan Anggaran Dasar. Antara lain masa bhakti kepengurusan di Bab VI Pasal 12 di mana sebelumnya dua tahun menjadi tiga tahun. Maka, untuk kepengurusan Apsipol yang baru ini, masa bhaktinya adalah 2022 – 2025. Selain itu, ada juga perubahan terkait besaran iuran anggota Apsipol di Bab VII Pasal 13 Ayat bdari satu juta rupiah (Rp, 1.000.000) sebelumnya menjadi satu setengah juta rupiah (1.500.000).

Di Munas III ini telah disepakati pula tentang tempat penyelenggaraan konferensi atau pertemuan ilmiah tahunan. Untuk tahun 2023 akan diadakan di Universitas Bangka Belitung dan tahun 2024 di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Sementara penyelenggaraan Munas IV disepakati akan diadakan di UIN Ar Raniry Aceh. Munas III sendiri dihadiri oleh 42 orang anggota yang berasal dari 21 Program Studi Ilmu Politik.