APSIPOL Webinar Series kembali hadir. Di edisi ke 14 kali ini, Diskusi Politik yang dikemas dalam program Webinar Series sengaja memilih tema Menakar Kontestasi Politik di Pilpres 2024 diselenggarakan hari Senin 10 Oktober 2022 mendatang.

Menurut Ketua APSIPOL, Iding Rosyidin yang sekaligus sebagai pengasuh di Jurusan Ilmu Politik di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, isu-isu terkait Pemilihan Presiden 2024 memang menjadi perhatian komunitas akademik yang tergabung dalam Asosiasi Program Studi Ilmu Politik Indonesia (APSIPOL).

“Kontestasi Politik di Pilpres 2024 nanti tidak saja hanya dilihat dari sisi kandidat dan kekuatan politik yang ada. Diskusi-diskusi mengenai persoalan-persoalan yang sedang dihadapi oleh bangsa ini perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius lagi. Kekuatan-kekuatan politik yang akan bertarung nanti, baik secara individu, kelompok hingga korporat harus menawarkan berbagai agenda kerja yang lebih solutif menyelesaikan berbagai tantangan bangsa yang ada saat ini dan nanti”, katanya.

Kegiatan yang akan menghadirkan Saiful Mujani sebagai narasumber diharapkan bisa memberikan potret konstelasi politik di Pilpres 2024 dari berbagai sisi.

Diskusi Politik yang rutin dilaksanakan oleh APSIPOL ini merupakan sebuah respon dari komunitas akademik untuk melihat dan menjawab dinamika politik yang sedang terjadi secara jernih sebagai wujud pengawalan proses demokrasi di Indonesia yang tidak saja pada persoalan prosedural semata tetapi menjangkau pada persoalan subtansi seperti pelaksanaan Pilpres 2024